Rabu, 06 Juni 2012

Truk Tangki Air Bersih disiapkan Pemkab Blora, Antisipasi Musim Kemarau

goasentono.blogspot.com - Enam truk tangki telah disiapkan Pemkab Blora untuk mengangkut bantuan air bersih yang akan didistribusikan ke desa-desa rawan kekeringan. Keenam truk tangki itu rutin diperiksa kelayakannya.
Tujuannya agar jika dipakai setiap saat, truk tersebut telah siap. "Rutin dicek kelayakannya. Apalagi ini sudah memasuki musim kemarau," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Blora, Kunto Aji, Selasa (5/6).

Sebagaimana diketahui saat musim kemarau sebagian desa di Blora rawan kekeringan. Warga di desa tersebut kerap kesulitan mendapatkan air bersih lantaran air di sumur mereka telah mengering.  Menurut Kunto Aji setiap tahun Pemkab menganggarkan sejumlah dana dalam APBD untuk biaya pengadaan sekaligus pendistribusian bantuan air bersih.
Dia menyebut Pemprov Jateng melalui Bakorlin I Pati serta sejumlah pihak lainnya hampir setiap tahun juga memberikan bantuan air bersih kepada warga desa yang mengajukan bantuan.
"Bantuan air bersih itu diangkut truk tangki milik Pemkab maupun yang dipunyai Bakorlin I Pati. Karena itu mulai sekarang truk tangki mulai disiapkan. Apalagi jangkauan distribusi air bersih jauh ke pelosok desa," tandasnya.
Hanya hingga kini, kata Kunto Aji, dilaporkan belum ada warga desa yang mengajukan bantuan air bersih ke Pemkab. Hal itu dimungkinkan karena belum lama memasuki musim kemarau. "Biasanya pengajuan bantuan mulai banyak saat pertengahan hingga akhir musim kemarau," kata Kunto Aji.
Sementara itu berdasarkan pemantauan, sebagian warga kini mulai merasakan penurunan debit air di sumur milik mereka. Pasalnya pasokan air baku seperti dari air hujan mulai tidak lancar.
"Hujan sudah tidak turun lagi. Kalaupun turun hujan, airnya langsung terserap ke tanah. Debit air di sumur mulai turun. Kadang pada sore hari sudah habis," kata Sukamto, warga Kelurahan Kedungjenar Blora.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar