Senin, 11 Juni 2012

Pelatihan Aplikasi TRIMS Angkatan 10 DISDIKPORA Kab BLORA

TRIMS (Tool for Reporting and Information Management by Schools ) adalah aplikasi praktis dan mudah yang berbasis excel (2003 dan 2007) yang berfungsi sebagai pengumpul data, tetapi juga secara otomatis menyediakan bahan dan informasi utama (grafik, tabel, indikator utama) pendidikan.
TRIMS untuk mendukung monitoring dan evaluasi, pelaporan, kebijakan strategis, serta perencanaan dan penganggaran dalam rangka memperkuat EMIS. sistem informasi pendidikan ini diharapkan mampu mensinkronisasi data-data penting yang telah dikumpulkan oleh sekolah, dinas cabang/UPT, Dinas/Kanwil di tingkat kabupaten/Kota, Provinsi dan Kementrian Pendidikan Nasional. aplikasi ini dikembangkan oleh Tim dari World Bank  untuk mendukung management support system dalam hal pendataan di sekolah.  
Peserta Pelatihan Aplikasi TRIMS angkatan 10 Kab.Blora
( Foto: Tamanku Rejo )
Kab Blora sudah melakukan pelatihan TRIMS sebanyak 10 kali, untuk angkatan ke 10 kali ini giliran Kec.Kradenan. Kec. Tunjungan dan Kec.Kunduran, dengan mengundang tenaga administrasi sekolah mulai jenjang SD/MI, SMP/MTs Negeri/Swasta. Tenaga tutor diambil dari rekan-rekan JIS Pro (Jaringan Informasi Sekolah) di Kab.Blora  yang sebelumnya ditraining terlebih dahulu oleh tim dari World Bank. Pelatihan diadakan di Aula Dinas Pendidikan Kab Blora. 

Hasil dari pelatihan tersebut, sekolah mengumpulkan data TRIMS yang sudah diisi oleh masing-masing lembaga dan dikumpulkan hasilnya ke Bagian Program Dinas Pendidikan Blora, dengan diverifikasi terlebih dahulu kebenaran isian datanya oleh rekan-rekan dari JIS Pro. Dari hasil data yang terkumpul tadi, kemudian mengagregasi datanya dan menjadikan sebagai bahan untuk perencanaan dan penyusunan program kegiatan.
Peserta Pelatihan Aplikasi TRIMS angkatan 10 Kab.Blora
( Foto: Tamanku Rejo )

EMIS-TRIMS dibuat berdasarkan format pelaporan yang telah ada sebelumnya sehingga sekolah dapat melakukan input data dengan mudah. EMIS-TRIMS juga dilengkapi dengan indikator pendidikan di sekolah berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) sehingga data yang diinput oleh sekolah nantinya dapat dimanfaatkan oleh sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS), Renstra Sekolah, Renja Kepala Sekolah dan dokumen perencanaan lainnya. Bagi Kementrian Pendidikan Nasional dan Kementrian Agama, dengan adanya EMIS-TRIMS diharapkan dapat menyediakan data yang mendukung dalam proses penentuan kebijakan, perencanaan, monitoring dan manajemen.
Meskipun demikian, perangkat komputer yang diperlukan untuk melakukan input aplikasi TRIMS tidak selalu dimiliki oleh sekolah. Selain itu, keterbatasan sumber daya manusia di sekolah dalam mengaplikasikan komputer, keterbatasan pasokan listrik dan sambungan internet di sekolah juga merupakan tantangan bagi implementasi TRIMS.
Peserta Pelatihan Aplikasi TRIMS angkatan 10 Kab.Blora
( Foto: Tamanku Rejo )



Atas dasar tersebut, disusun TRIMS – versi cetak  sebagai bridging atau alat bantu bagi sekolah sebelum melakukan input TRIMS ke dalam komputer. Panduan ini merupakan panduan pengisian TRIMS – versi cetak. Meskipun demikian, sekolah diharapkan tetap melakukan input aplikasi TRIMS melalui komputer (PC) atau laptop setelah mengisi TRIMS – versi cetak.






MENGAPA TRIMS?
Mendorong pemanfaatan data dan informasi.
Perlunya perubahan paradigma bagi sekolah/madrasah dari “pengumpul data” menjadi “pengguna data”
Mampu meningkatkan cakupan dan kualitas data (akurasi, relevansi, ketersediaan, dan ketepatan waktu).
Kesenjangan kapasitas antar sekolah/madrasah dan daerah, baik infrastruktur maupun kapasitas SDM.
Menyediakan data dan informasi yang akurat bagi sekolah/madrasah dalam penyusunan RKT dan RKS, keuangan serta monitoring dan evaluasi pencapaian SPM.
Relevan dengan desentralisasi pendidikan.

KARAKTER TRIMS

Tidak perlu install program baru – cukup Excel 2003 ke atas.
Proses sederhana dengan keterampilan komputer yang minimal.
Klik dan Klik…minimalisasi pengetikan dan kesalahan input.
Validasi data secara otomatis.
Mudah dikirimkan karena ukuran file yang kecil (< 1MB).
Hasil ringkas (tabel, grafik, indikator) langsung dapat dimanfaatkan oleh sekolah/madrasah.

KELOMPOK DATA TRIMS
A. Data Pendidikan
1. Data siswa.
2. Sarana dan prasarana.
3. Kualitas pengawasan dan pelaporan.
4. Sumber daya KBM.
5. Kurikulum.
6. Manajemen.
7. Teknologi informasi dan komunikasi.
8. Pendidik dan tenaga kependidikan.
B. Data Keuangan
1. Jenis dan sumber penerimaan
2. Pengeluaran (mengacu BOS K-2).
3. Penerimaan BOS: Aktual dan yang diharapkan
  Dengan adanya TRIMS  banyak  manfaat yang diperoleh. Data yang terjaring cukup lengkap mulai data siswa, sarana sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, juga data keuangan sekolah. Keuntungan lain yang diperoleh dari TRIMS yaitu dapat menampilkan tingkat capaian indikator SPM Pendidikan Dasar seperti dalam Permendiknas NO. 15 Tahun 2010.

Implementasi TRIMS ditingkat sekolah tidak ada kendala karena aplikasi ini sangat user friendly dan mudah dioperasikan, hanya pada penyamaan persepsi dan pemahaman item-item yang harus diisikan seperti dalam SPM itu yang terkadang antara satu operator tidak sama pemahamannya. Namun masih bisa diatasi dengan panduan TRIMS yang cukup jelas yang telah dibuat oleh World Bank.
Proses pengumpulan data TRIMS
Kab Blora dianggap berhasil dalam mengimplementasikan TRIMS ini karena adanya team work yang baik dan solid antara operator di sekolah, rekan-rekan trainer yang tergabung di JIS Pro, dan perhatian penuh dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Sub Bagian Program Dinas Pendidikan Kab Blora, dan dengan didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi yang cukup memadai di Kab.Blora. Hampir semua sekolah di Kab Blora memiliki komputer dan sambungan internet, sehingga sangat memudahkan  untuk saling berkomunikasi dan berkirim data.
 Kegiatan pendataan TRIMS menjadi satu bagian kegiatan pendataan yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya, dan dengan adanya aplikasi ini maka semakin melengkapi kolektif data yang dapat dihimpun dari sekolah.   karena data merupakan bahan dasar dalam setiap penyusunan perencanaan, maka sangat dibutuhkan data yang valid, benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Dengan adanya TRIMS maka penjaringan data di sekolah semakin lengkap.
  Setelah terobosan ini dilaksanakan, para pemangku kebijakan (decision maker) dapat memanfaatkan informasi dan data dari TRIMS untuk dipergunakan dalam penyusunan rencana program kegiatan, dan   bisa diketahui sejauh mana capaian SPM bidang pendidikan dasar yang telah dilaksanakan di Kab Blora.
Tips dan saran bagi daerah lain yang ingin menerapkan TRIMS sebagai salah satu aplikasi penjaringan data, yaitu ada person yang konsen dan konsisten dalam pendataan baik di sekolah maupun di Dinas Pendidikan. Disetiap sekolah ada operator pendataan atau tenaga administrasi.

Bagi yang belum punya Aplikasi Trims silahkan Download di SINI
Panduan Manual TRIMS v25 - 12 klik di SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar