Senin, 11 Juni 2012

TRADISI SEDEKAH BUMI DUSUN TAMBAK, DESA SUMBER, KEC. KRADENAN - BLORA

Warga Dusun Tambak, Desa Sumber Kec.Kradenan, Blora berkumpul baur menjadi satu mengadakan pesta desa atau dikenal dengan istilah sedekah bumi, Tegas Deso, atau ada juga yang bilang Nyadran . 
Salah satu masyarakat dari dusun Tambak mengatakan, proses sedekah bumi yang dilakukan setiap tahunnya ini   tujuannya adalah agar panen hasil sawah dan rojokoyo melimpah dan semata-mata hanya Tradisi mensyukuri anugrah dan nikmat Tuhan.




Untuk tahun ini sedekah bumi di dusun Tambak ini di meriahkan dengan Gebyak Seni Tradisonal Reog Ponorogo, atau masyarakat Dusun Tambak menyebut dengan Seni Tradisional  "GEMBLAK", kemudian  diarak keliling kampung diiringi oleh kuda lumping.

“Dana syukuran dan acara berasal dari sumbangan sukarela dari warga yang dikelola dengan apik  oleh pemuka Masyarakat kemudian di wujudkan dengan kemeriahan ini"  ujar salah satu warga yang tidak mau di sebut namanya. 

  Kata Pak Harun, salah satu Tokoh Masyarakat Dusun Tambak yang berhasil diwawancarai goasentono tentang Gebyak Gemblak ini, dengan nada puitis mengatakan,   "  Wah acaranya MERIAH sekali .... semeriah pentas Maria Carrey.  GEGER .... segeger show Justin Beiber. GAGAH BERANI .... tak GAGAL seperti Lady Gaga yang tidak berani ...." ujarnya sambil guyon.

 Suksesnya acara ini setiap tahunnya menunjukan warga bisa guyub rukun dan di harapkan sejahtera toto tentrem kartoraharjo dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, secara tidak langsung ikut melestarikan budaya jawa yang Edi Peni dan Adi Luhung. 

(foto : Harun S.Pd)

3 komentar:

  1. Balasan
    1. kethoprak masih ada juga mas... kemarin wktu sedekah bumi di Medalem jg kethoprak....yg pnting tujuannya nguri2 kabudhayan jawa.

      Hapus
  2. Ok seep, nguri2 bdaya jawa

    BalasHapus