Kamis, 21 Juni 2012

LOMBA SISWA BERPRESTASI TINGKAT SD/MI KAB.BLORA TAHUN 2012

Peserta sedang menunjukkan ketrampilannya
berkomputer/internet
Tes Tertulis
Pelaksanaan pembangunan mancakup aspek kehidupan bangsa, yaitu aspek politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan secara berencana, menyeluruh, terarah, terpadu, bertahap dan berkelanjutan untuk memacu peningkatan kemampuan nasional dalam rangka mewujudkan kehidupan yang sejajar dan sederajat dengan bangsa lain yang lebih maju.
Oleh karena itu, sesungguhnya pembangunan nasional merupakan pencerminan kehendak untuk terus menerus meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia ,Pembangunan bangsa dan negara diperlukan sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Kualitas SDM dapat dipersiapkan sejak dini. Sejak anak-anak berada di bangku sekolah. Di sekolah itulah, mereka dididik dan dibina untuk menjadi generasi penerus yang andal, berpotensi tinggi. Dan, untuk memacu potensi generasi ini perlu dimunculkan wahana untuk memfasilitasi mereka bersaing secara positif. Salah satu cara yang dimunculkan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Blora adalah lomba siswa berprestasi.

Memainkan Alat Musik
Lomba siswa berprestasi ini, biasanya, untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah. Untuk tingkat sekolah SMA/SMK/MA diadakan tersendiri.   Kali ini, Rabu 20 Juni diadakan untuk tingkat SD/MI berbarengan dengan tingkat SMP/MTs.. Lomba Siswa Berprestasi SD/MI  se-Kabupaten Blora 2012 tersebut dilaksanakan di SDN 1 Karangjati.

Peserta yang berjumlah 32 siswa (16 putra dan 16 putri) masing-masing mewakili 16 wilayah Kecamatan di Kab Blora  itu, harus menghadapi berbagai aktivitas keilmuan dan keterampilan secara perorangan. Aktivitas itu adalah tes akademik, keterampilan komputer, keterampilan pilihan, pidato berbahasa Indonesia, dan wawancara.

Tahap pertama : Peserta menghadapi ujian tertulis , masing-masing 20 soal tes akademik terdiri atas mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPU, dan IPA, Pesereta harus mengumpulkan jawaban dengan waktu 2 jam. Setelah tahap pertama di lalui, kemudian tahapan kedua yaitu siswa wajib mengikuti praktek dan wawancara yaitu :Tes Kepemimpinan, Tes Kepribadian, Pidato, Praktek Alat Musik dan ICT . Dalam hal ini harus bergantian untuk di panggil oleh juri. 

Juara Putra & Putri Siswa Berprestasi
Tingkat SD/MI  Kab.Blora 2012
















Setelah menunggu beberapa lama dengan hati deg-degan, akhirnya Panitia mengumumkan pemenangnya:
SISWA BERPRESTASI PUTRA TAHUN 2012 
Juara 1  :  SD Tempelan (Kec.Blora)
Juara 2  :  SD Jiken
Juara 3  :  SD Randublatung

SISWA BERPRESTASI PUTRI TAHUN 2012 :
Juara 1  :  SD Tempelan (Kec.Blora)
Juara 2  :  SD Kunduran
Juara 3  :  SD Japah

"Bagi yang belum mendapatkan juara jangan berkecil hati, ini bukan akhir segalanya tapi start awal untuk menuju kesuksesan" Ujar Bpk Maryanto Kepala Sekolah SDN 1 Tamanrejo-Tunjungan menghibur anak didiknya yang menduduki Peringkat 10 untuk Putra, dan Peringkat 7 untuk Putri. 

"Bagaimana pun itu sebuah hasil perjuangan siswa, generasi penerus bangsa ini, yang harus diapresiasi secara positif. Wajar ada kekurangan di sana sini. Mereka memang masih membutuhkan bimbingan dan binaan yang lebih sungguh-sungguh. Pembimbingan dan pembinaan yang lebih intensif dipastikan menghasilkan generasi bangsa, SDM, berkualitas, yang ke depan dapat membangun bangsa dan negara lebih maju dan beradab." Kata Bpk Harun S.Pd  dari UPTD Kradenan yang ikut menjadi Panitia Lomba Siswa Berprestasi Kab Blora 2012.

Fotografer : Tamanku Rejo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar