Jumat, 24 Januari 2014

Pemkab Blora Ajukan Bantuan 50 Miliar ke Pemprov Jateng Untuk Pembangunan Jalan

BLORA. Pemkab Blora mengajukan bantuan anggaran untuk memperbaiki sejumlah ruas jalan yang masih rusak di Blora. Dana yang diajukan Rp 50 miliar. Pengajuan bantuan dilakukan, karena masih banyak ruas jalan yang rusak dan mendesak diperbaiki di tahun 2014.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Blora, Bondan Sukarno, mengemukakan di tahun 2014 Pemkab merencanakan penganggaran dana infrastruktur jalan lebih besar dibanding 2013. Yakni dari Rp 133 miliar menjadi lebih dari Rp 180 miliar. Hanya saja, menurutnya, dana sebanyak itu belum cukup untuk memperbaiki kerusakan jalan di wilayah Blora.

''Karena itu kami ajukan bantuan, khusus untuk pembangunan infrastruktur jalan ke Pemprov Jateng maupun Pemerintah Pusat,'' ujarnya, kemarin.

Dia memastikan alokasi dana untuk pembangunan jalan itu tidak akan dobel. Bondan Sukarno yang juga menjabat asisten dua Sekretariat Daerah (Setda) Blora menyatakan, jika Pemprov menyetujui, bantuan tersebut akan digunakan untuk pembangunan ruas jalan penghubung antardesa maupun antarkecamatan.

''Dipilah satu-satu agar anggaran bantuan tidak tumpang tindih. Kalau misalnya di ruas jalan itu sudah mendapatkan bantuan, dananya bisa dialihkan untuk perbaikan ruas jalan di tempat lain,'' katanya.

Lebih lanjut Bondan Sukarno mengemukakan, pengajuan bantuan ke Pemprov Jateng lazim dilakukan setiap tahun. Dan setiap tahun pula Pemprov mengalokasikan dana yang disebut bantuan provinsi (Banprov) ke semua kabupaten dan kota di Jateng.

Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho menghendaki adanya peningkatan anggaran APBD Blora untuk pembangunan jalan dan jembatan di Blora. Jika pada tahun sebelumnya dana yang dianggarkan  Rp 133 miliar, maka tahun ini direncanakan lebih dari Rp 180 miliar. Bupati pun mengharapkan sebagian dana aspirasi DPRD diperuntukan bagi pembangunan jalan dan jembatan.

''Tahun ini Pemprov Jateng mencanangkan program tahun infrastruktur. Program itu perlu dukungan seluruh kabupaten dan kota di Jateng, termasuk Blora,'' katanya. (infoblora)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar