Selasa, 03 Desember 2013

Desa Sumber Kec.Kradenan Ranking 1 desa Inovasi se Kab.Blora

BLORA. Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Blora, yang wilayahnya menjadi pusat Proyek Pengembangan Gas Jawa (PPGJ), memperoleh nilai tertinggi pemetaan desa inovasi. Penilaian itu berdasarkan hasil kajian yang dilakukan Lembaga Penelitian dan Aplikasi Wacana (LPAW) Blora bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora.


Hasil kajian tersebut diekspos di ruang pertemuan Bappeda Blora. "Kesimpulan dari hasil penelitian yang kami lakukan, Desa Sumber menempati nilai paling tinggi yakni 137,66. Setelah itu Desa Sendangharjo, Kecamatan Blora dengan nilai 129,66," ujar Koordinator Peneliti dari LPAW, Imam Ali Bashori, saat memaparkan hasil penelitian dan kajiannya.

Menurutnya nilai tertinggi di antara desa-desa lainnya di Blora tersebut didasarkan pada lima variabel desa inovasi. Kelima variabel itu adalah dukungan sistem kelembagaan dan infrastruktur desa, kapasitas dan komitmen aparatur desa, potensi desa, aksesbilitas dan partisipasi masyarakat.

Dia menegaskan keberadaan PPGJ yang dikerjakan Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) di Desa Sumber tidak terkait dengan obyek penelitian. Karena itu, berdasarkan hasil penelitian tersebut Desa Sumber dinilai telah melakukan inovasi di berbagai bidang.

Di antaranya pemanfaatan teknologi di bidang pertanian seperti alat-alat teknologi pertanian, traktor-diesel dan lain sebagainya. Juga terdapat inovasi di bidang sumber energi yaitu pemanfaatan biogas.

"Berdasarkan observasi yang dilakukan, selain memiliki potensi  bidang pertanian, peternakan dan sumber daya manusia, di Desa Sumber terdapat industri krupuk upil yang sangat potensial dikembangkan," kata Imam Ali Bashori.

Adapun di Desa Sedangharjo, Kecamatan Blora, terdapat potensi industri, mebel dan konveksi. Menurut Imam Ali Bashori, inovasi pada bidang industri tersebut bisa mendorong Desa Sendangharjo menjadi desa inovasi. ( infoblora )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar