Kamis, 12 Desember 2013

BLORA ART CULTURE CARNAVAL 2013, HUT BLORA 264


BLORA. Puncak acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-264, Rabu (11/12) menjadi pesta rakyat Blora.

Sekitar pukul 07.00 WIB, masyarakat sudah berjubel memadati aloon-aloon Blora. Tujuan mereka tidak lain hanya untuk menyaksikan Kirab Gunungan Kembar dan Parade Seni Budaya.


Kirab Gunungan Kembar Hari Jadi Kabupaten Blora ke 264 yang diikuti oleh Bupati, Muspida, Camat dan Lurah/Kades se Kabupaten Blora dilanjutkan Karnaval Parade Seni Budaya yang diikuti perwakilan seluruh kecamatan dan para seniman se Kabupaten Blora.

Meskipun cuaca panas, tidak menyurutkan semangat peserta untuk menari di depan panggung kehormatan. Bupati Blora Djoko Nugroho beserta istri, Wakil Bupati Blora Abu Nafi yang menyaksikan di depan panggung kehormatan sangat terhibur dengan penampilan dari perwakilan kecamatan dan pelajar tingkat SMP dan SMA.

Mereka menampilkan tari kreasi yang terinspirasi oleh seni dan budaya masyarakat Blora. Seperti kecamatan Cepu yang menampilkan kisah Aryo Penangsang yang dibawakan oleh pelajar-pelajar SMP N 3 Blora. Beda dengan Kecamatan Jepon yang menampilkan tari Batik yang menceritakan sejarah Batik Jepon dan Kec.Kradenan yang menceritakan Kisah Legenda Begede Kuwung.
Malam harinya akan menjadi pesta rakyat. Hal ini dikarenakan Resepsi Hari Jadi Kabupaten Blora yang biasanya digelar di pendopo rumah dinas Bupati Blora, tahun ini digelar di aloon-aloon Blora. Sejumlah acara juga akan digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-264 Kabupaten Blora.

Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora mengatakan Hari Jadi Kabupaten Blora akan menjadi pesta seluruh masyarakat Kabupaten Blora.

"Sambil menyaksikan Koes Plus, masyarakat bisa makan dan minum tertentu yang dijual para pedagang Kaki Lima di aloon-aloon, akan ada 28 warung makanan yang digratiskan," ujarnya.

Kepala DPPKKI Kab. Blora yang akarab disapa Mumuk menambahkan, tidak hanya sampai disitu, kemeriahan memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora sejumlah kegiatan masih akan digelar selepas 11 Desember. Di antaranya konser grup musik Edane di kawasan alun-alun, Sabtu (14/12). Panggung pentas musik rock tersebut menurut rencana didirikan menghadap ke timur Jalan Pemuda.

Pameran foto bertemakan Kearifan Lokal Blora juga digelar. Pameran yang diadakan di Mall Luwes 16-21 Desember itu menampilkan 60 foto yang menjadi nominator lomba foto Blora.

Sementara itu, di GOR Mustika, 18-20 Desember digelar pameran usaha mikro kecil dan menengah. Dalam pameran tersebut dimeriahkan pula pemilihan putra-putri batik Blora tingkat TK, SD, SMP, SMA, umum serta dinas dan instansi.

Sementara itu di tingkat kecamatan, peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora dimeriahkan dengan pementasan wayang kulit di 16 kecamatan. (DPPKKI Blora)































Tidak ada komentar:

Posting Komentar