Senin, 28 Mei 2012

TAYUB BLORA MEWAKILI JAWA TENGAH DALAM FESTIVAL INTERNASIONAL BOROBUDUR


goasentono.blogspot.com. Sebanyak 51 penari tayub asal Kab. Blora tampil memukau dihadapan ribuan penonton yang hadir diajang Borobudur Interhash 2012, Sabtu (26/5).
Festival internasional yang menampilkan kesenian khas daerah di Jawa tengah juga, diikuti peserta dari manca negara. Borobudur interhash berlangsung di komplek Candi Borobudur, Jumat sampai dengan Minggu (25-27).

Borobudur Interhash dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pag i tadi (26/5). Selain Blora, Tari Lengger asal Banyumas dan kesenian dari berbagai daerah lain di Jawa Tengah juga turut ikut meramaikan ajang internasional ini.

Dengan iringan gamelan ditambah 6 orang Pengibing sebutan untuk penari tayub laki-laki dengan saling
lempar sampur antara penari tayub dengan penonton semakin pentas dengan durasi waktu kurang lebih 30 menit semakin meriah.

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora mengatakan, penampilan Tayub Blora selain untuk memeriahkan Borobudur Interhash 2012, juga membawa nama baik dan menjadi ajang promosi wisata Kab. Blora. (DPPKKI Kab. Blora)




Presiden SBY dan Ibu Ani mengikuti gerak jalan internasional Borobudur Interhash 2012 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (26/5) pagi. Interhash merupakan ajang internasional dua tahunan, diadakan secara bergantian di sejumlah negara. Indonesia sudah tiga kali menjadi tuan rumah. Penyelenggaraan tahun ini mengambil lokasi di Desa Tuksongo, kawasan Candi Borobudur, Magelang, dan diikuti sekitar seribu peserta dari 40 negara.

Interhash 2012 ini mengambil jalur Desa Tuksongo, Desa Majaksingi, Dusun Krajan, Dusun Kiyudan, Sendang Ayu, Dusun Kesuman 2, Kampung Puton, dan kembali ke lapangan Desa Tuksongo. Total jarak yang ditempuh sekitar 4,25 kilometer. Kehadiran SBY dan Ibu Ani hanya untuk meramaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar