Rabu, 23 Mei 2012

PANEN RAYA DESA MEDALEM KEC.KRADENAN KAB.BLORA


Bupati Blora Koko mencoba menanam padi dgn mesin

Bupati Blora, Djoko Nugroho uji coba menanam padi dengan menggunakan mesin tanam padi (transplanter) di lahan sawah di Desa Medalam Kec. Kradenan, Selasa (22/5).
Diharapkan dengan menggunakan mesin tanam ini akan meningkatkan efisiensi tanam padi,” ujar Bupati.

Berdasarkan laporan yang saya terima, lanjut Bupati, pola tanam secara manual untuk 1 (satu) hektare sawah membutuhkan 15 orang tenaga kerja dalam waktu setengah hari. “Dengan menggunakan mesin ini lahan seluas 1 hektar hanya membutuhkan waktu kira-kira 1 jam,” katanya seusai mencoba mesin tanam padi.
Panen Raya di Desa Medalem Kec.Kradenan



Bupati menambahkan, dalam rangka meningkatkan hasil pertanian, selain pemanfaatan mesin pertanian. Pemerintah juga akan berupaya
membuatkan embung dan saluran irigasi ketengah-tengah sawah.

Hal senada juga disampaikan Kepala Distanbunakikan yang juga Plt. Sekda Blora, Sutikno Slamet, “Jaringan-jaringan irigasi tersier penting terutama persawahan yang tidak terjangkau air pompa,” tuturnya.

Camat Kradenan, Joko Budiono, menuturkan, petani di Kec. Kradenan saat ini semakin maju dalam pola tanam. Selain menanam padi, petani melakukan diversifikasi dengan menanam berbagai macam tanaman hortikultural. “Mereka juga menanam cabe, melon, bawang dan tanaman hortikultural lainnya,” katanya.
Beasiswa untuk anak SD dan SMP



Dalam kunjungan kerjanya pada panen raya musim tanam ke-2 ini, Bupati juga meresmikan kantor UPTD Distanbunakikan dan lumbung padi Kec. Kradenan. Pada kesempatan itu, juga diserahkan bantuan beras sebanyak 2,5 ton untuk Desa Medalem sebanyak 1 ton, Desa Nglungger dan Menden masing-masing mendapatkan bantuan 750 kg, beasiswa kepada 25 siswa-siswi SD dan SMP dan bantuan alat-alat pertanian.

Dalam acara panen raya musim tanam ke-2 tahun ini, Kepala Desa Medalem, Arif Wibawanto, mengatakan, Desa Medalem yang luas seluruhnya 515 hektare memiliki
lahan pertanian sawah tanaman padi sekitar 360 hektare merupakan lumbung pangan Kab. Blora. “Pada pencapaian hasil panen musim tanam tahun ini sebanyak 5,50 Kg/M2 melebihi dari target yang ditargetkan Pemerintah Kab. Blora yaitu sebanyak 4,05 Kg/M2,” katanya. (DPPKKI Kab. Blora)

1 komentar:

  1. Pak Bupati, kec. Kradenan itu klo jalanan yg menghubungkan antar kec. dan antar desa dah di cor, seperti diwilayah kab. Bekasi jawa barat. pasti ekonomi rakyat akan meningkat 100%. Setuju pak metode pertanian dan sarana penunjang yg lain ditingkatkan. Matur nuwun pa.

    BalasHapus