Selasa, 15 Mei 2012

SENI KALIGRAFI BLORA TEMBUS PASAR INTERNASIONAL


..goasentono.blogspot.com. SENI Kaligrafi di Desa Kentong, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng, yang semula dianggap tidak mampu mengangkat perekenominan, ternyata mampu menembus pasar hingga ke luar negeri.
Menurut Abdul Rokhim, 35, seniman kaligrafi, di Cepu mengatakan dengan kelebihan yang dimiliki mampu mengangkat Blora ke dunia internasional, sebab seni kaligrafi yang dihasilkannya sudah dinikmati jutaan orang di luar negeri. Produk kaligrafi yang saya buat sudah menembus Singapura, Turki dan Malaysia, dan kaligrafi yang saya buat saat ini, sudah pesanan semua.
“Usaha yang dirintis sejak 2002 makin dikenal oleh masyarakat luas sehingga pesanan selalu berdatangan. Ada warga yang pesan dikirim ke rekanan di luar negeri, sementara yang dipesan belum selesai, sudah muncul pesanan baru," katanya.
Dikatakan pembuatan kaligrafi dibantu enam pengrajin, terbuat dari bahan kayu jati, dibentuk sesuai ukuran dan pesanan serta desain. Kami sudah menghasilkan sekitar 40 desain, dan kemampuan mendesain inilah yang membuat usaha kami menjadi berkembang.
“Ada pun modal awal untuk menggeluti seni kaligrafi ini sebesar Rp1,7 juta dan sekarang ini asetnya sudah menjcapai Rp90 juta. Diakui sejak awal Ramadhan banyak pesanan kaligrafi yang dikoleksi dan dipasang pada tempat ibadah seperti masjid dan mushola,” ujarnya.
Ditambahkannya, ada juga beberapa pengusaha warung makan yang beberapa hari lalu pesan, hargnya relatif, menyesuaikan ukuran dan bentuk desain, rata-rata yang pesan untuk dipasang di masjid atau mushola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar