Jumat, 13 Juli 2012

BLORA EXPO 2012 dengan tema " AYO CINTAI PRODUK BLORA "

 goasentono.blogspot.com - Sebanyak 50 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Blora mengikuti pameran di Gor Mustika.  Pembukaan expo oleh Bupati Blora, Djoko Nugroho. Acara dihadiri Ketua Umum Dekranasda Kab. Blora, Umi Djoko Nugroho, Muspida Kab. Blora, Sekda (Plt) Sutikno Slamet, para staf Ahli, Asisten dan Kabag di lingkungan Setda Kab. Blora, Kepala SKPD, Pimpinan BUMN, BUMD, Koperasi, Camat dan Organisasi Wanita di Kab.
Blora.ditargetkan pendapatan yang diperoleh mencapai Rp 1 miliar.
Bupati Blora dalam sambutan pengarahan mengatakan bahwa potensi Blora ada dan potensi Blora besar. Untuk itu, Bupati berharap agar masyarakat mencintai dan menggunakan produk Blora. “Hal ini untuk meningkatkan dan memproteksi usaha-usaha di Kabupaten. 

’’Target omset sebesar Rp 1 miliar itu merupakan akumulasi dari sejumlah expo yang diikuti UMKM Blora,’’ ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Blora, Gunadi.
Dia mengaku optimis omset tersebut bakal terealisasi. Pasalnya dari tujuh expo yang diikuti UMKM Blora, baik di tingkat nasional maupun regional Jateng, telah menghasilkan pendapatan sekitar Rp 875 juta.
’’Sehingga di expo di Gor Mustika inilah target Rp 1 miliar akan bisa terlampaui,’’ tandasnya.
Expo UMKM kali ini bertemakan ’’Ayo Cintai Produk Blora’’. Dengan tema yang diusung tersebut, peserta pameran menampilkan sejumlah produk usaha yang mereka geluti selama ini. Diantaranya furniture kayu jati, batik Blora, makanan dan minuman olahan serta produk kerajinan tangan.
Gunadi menyatakan tujuan dari pameran UMKM adalah mendorong pertumbuhan ekonomi di Blora yang antaralain dipelopori pengusaha UMKM. Selain itu memperkenalka produk khas Blora.
’’Dalam expo yang berlangsung hingga Sabtu (14/7) kami undang pula BUMN dan BUMD terutama di sektor perbankan. Tujuannya adalah agar mereka melihat langsung kondisi UMKM di Blora. Pengusaha UMKM itu punyai kemampuan namun terbatas dari sisi permodalan. Karena itu diharapkan pihak perbankan membantu mengatasi masalah permodalan tersebut,’’ kata Gunadi.
Bupati Djoko Nugroho menyambut baik digelarnya expo UMKM tersebut. Menurutnya dengan peran serta UMKM, angka kemiskinan di Blora akan semakin turun. ’’UMKM bisa menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat,’’ ujar Djoko Nugroho.

1 komentar: