Sabtu, 26 April 2014

Program CSR Pertamina di Desa Sumber Kec.Kradenan Diresmikan Bupati Blora

 Bupati Blora Djoko Nugroho (tengah) foto bersama dengan managemen Pertamina EP PPGJ seusai melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung serba guna Desa Sumber. 
BLORA. Bupati Blora, Djoko Nugroho, meresmikan program-program Coorporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora yang dipusatkan di balai desa setempat, Kamis (24/4/2014).
Dalam acara tersebut dihadiri managemen Pertamina EP yang konsen di JGDP (Java Gas Development Project) atau Proyek Pengembangan Gas Jawa (PPGJ).
 
Adapun program CSR yang diresmikan berupa pembangunan jalan Sumber-Menden, partisipasi bantuan sarana pendidikan berupa meja kursi untuk sekolah, pembangunan gedung serbaguna Desa Sumber, dan kerjasama pelestarian budaya batik di wilayah Blora untuk kemandirian ekonomi masyarakat.

Peresmian oleh Bupati Blora ini merupakan komitmen perusahaan untuk berkontribusi pada peningkatan ekonomi daerah sekaligus pemberdayaan konten lokal serta  untuk meningkatkan kemandirian masyarakat.

Pjs General Manager PT Pertamina EP JGDP (Java Gas Development Project), Pribadi Mahagunabangsa, mengatakan, PT Pertamina EP telah merealisasikan pembangunan infrastruktur jalan dari Desa Sumber ke Desa Menden sepanjang 4.2 km sebesar Rp 3.2 miliar. Kegiatan perbaikan jalan itu sudah mulai dibangun sejak Desember 2013 dan selesai pada April 2014.

“Proyek ini merupakan lanjutan dari perbaikan jalan yang sebelumnya di ruas Peting sampai Jembatan Sumber sekitar 4 KM pada tahun 2013 lalu," kata Pribadi menjelaskan.

Pribadi mengungkapkan, Pertamina EP juga akan memulai proses pembangunan gedung serbaguna di Desa Sumber yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Blora, Djoko Nugroho.

"Harapannya  dengan adanya gedung serbaguna ini nantinya dapat bermanfaat bagi warga Desa Sumber," sebutnya.

Dia menambahkan, CSR di bidang pendidikan, perusahaan juga memberikan kontribusi dengan memberikan 30 set meja dan kursi siswa kepada 2 sekolah di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora. Program CSR di bidang pendidikan dengan biaya sebesar Rp30 juta untuk memajukan kegiatan belajar mengajar yang ada di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga ingin membantu mengembangkan kemandirian ekonomi masyarakat di Kabupaten Blora serta melestarikan budaya batik lokal dengan bekerja sama dengan pembatik lokal.

Untuk tahapan kegiatan yang akan dilakukan, lanjut Pribadi, itu dimulai dari merintis pasar produk batik Blora. "Selanjutnya untuk meningkatkan kemandirian masyarakat di sekitar daerah operasi  direncanakan untuk dilaksanakan program pelatihan kepada ibu-ibu khususnya di wilayah operasi pengembangan gas jawa Pertamina EP di Kabupaten Blora," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Blora menyambut baik guliran CSR yang diberikan oleh Pertamina EP. Diharapkan dengan bantuan itu bisa menjadikan warga Sumber mengalami peningkatan kesejahteraan.

Terkait peletakan batu pertama pembangunan Gedung Serba Guna Desa Sumber, Bupati mengatakan, sudah selayaknya Desa Sumber mendapat prioritas pembangunan yang berasal dari perusahaan pengelola gas Sumber tersebut.

"Semoga dengan berdirinya Gedung Serba ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Sumber," kata Bupati usai meresmikan peletakan itu secara simbolis. (infoblora) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar