Minggu, 13 Februari 2011

SATE AYAM BLORA




Blora memiliki cita rasa kuliner yang khas. Kuliner ini menjadi tujuan utama para pelancong yang singgah ke Blora. Setiap orang yang berkunjung ke Blora ingin mencicipi kuliner khas ini. Sate Ayam memiliki cita rasa yang khas. Bahan bakunya daging ayam kampung pilihan. Bumbu sate disajikan khas Blora, yakni bumbu kacang dicampur dengan cabe halus. Rasanya tidak terlalu manis seperti sate Madura, tetapi agak pedas. Sate Blora kerap disantap dengan kuah opor ayam. Daging sate Blora empuk karena sebelum di bakar diungkep terlebih dahulu dengan daun pepaya selama dua jam. Selanjutnya daging ayam diiris kecil-kecil, lalu ditusuk. Setiap tusuk berisi 5 irisan daging. Tusukan daging dipanggang diatas bara api sampai matang.

Bahan :
·                     1 ons daging ayam
·                     1/2 ons kacang tanah
·                     2 buah lombok
·                     1 iris kencur
·                     2 siung bawang merah
·                     2 siung bawang putih
·                     kemiri secukupnya
·                     gula secukupnya
·                     2 lembar daun jeruk purut
·                     kecap secukupnya


Cara membuat :
kacang tanah digoreng lalu dihaluskan sampai benar-benar halus. Masukkan bawang merah, bawang putih, kemiri, kencur, gula, garam untuk ikut dihaluskan. Berikan daun jeruk purut agar bumbu terasa wangi dan bau tidak menyengat. Campurkan kecap pada bumbu yang sudah jadi. Sate bisa dihidangkan dengan ditaburi bawang goreng.

Perbedaan yang mencolok dalam menikmati sate di Blora dengan daerah lain adalah dalam hal menghitung harga sate. Kalau sate biasanya dihargai perporsi, di Blora tidak demikian. Harga sate dihitung dari jumlah yang dikonsumsi. Saat menikmati sate Blora jangan membuang tusuknya sembarangan sebab ongkos yang kita bayar berdasarkan jumlah tusuk yang ada. jadi, dalam satu porsi sate tidak harus dihabiskan semua. Kita mengkonsumsi berdasarkan jumlah yang dibutuhkan saja. 

Unik kan.....!!! itulah Sate Blora........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar