Minggu, 13 Februari 2011

LONTONG TAHU BLORA




Lontong tahu termasuk kuliner yang kerap diburu pelancong yang pergi ke Blora. Lontong Tahu Blora memiliki rasa yang berbeda dengan daerah lain karena citarasa kecap yang dipakai. Para Penjual hanya menggunakan satu merek kecap dari sebuah home industry, tak mau berpaling ke merk dari pabrik, yang terbukti kemurnian bahan-bahan yang digunakan serta bebas dari bahan pengawet.
Sambal lontong tahu banyak menggunakan kacang tanah goreng. Hal ini menjadikan sambal tidak terlalu pedas dan lebih sedap. Lontong di Blora masih dibungkus dengan daun pisang alami, sementara kethoprak telah dibungkus dengan plastik yang banyak mengandung zat kimia yang berbahaya.


Bahan yang di butuhkan untuk membuat Lontong tahu Blora
Cabe, kacang tanah, kencur, garam, bawang putih, kecap manis, kol, tauge, Tahu, daun seledri dan jeruk nipis.

Cara membuatnya :
Ambil Cabe merah (jumlahnya sesuai selera), kencur, garam dan bawang putih diuleg bersamaan sampai setengah hancur, kemudian di campur dengan kacang yang sudah di tumbuk halus hingga benar-benar merata. Kemudian cairkan kecap manis dengan air hangat, sembari diberi beberapa tetes jeruk nipis. Setelah itu campurkan semua langkah tadi jadi satu hingga rata. 

Cara penyajiannya : 
Lontong  diiris kecil-kecil, diatasnya dikasih potongan tahu, irisan kol mentah, tauge, kacang tanah goreng, kemudian di siram dengan sambal. Diatas sambal tak lupa ditaburi dengan dengan cacahan daun seledri dan bawang goreng. Sebagai pelengkap ditambah Tempe goreng atau krupuk ikan.

2 komentar:

  1. pak,sebagai orang blora, saya hendak mengkoreksi, setahu saya (ketika saya amati) penjual lontong tahu blora tidak memakai cabe merah, tapi cabe rawit yang sudah direbus terlebih dahulu.

    BalasHapus
  2. wah nek biyungku gawene yo go cabe rawit plus merah. soale ra wani pedes.

    BalasHapus