Senin, 06 Agustus 2012

Daripada di biarkan, Lapangan Gas Giyanti ingin di kelola Pemda Blora

CEPU, goasentono.blogspot.com - Meski berulang kali dinyatakan bahwa Exxon Mobil maupun anak perusahaannya Mobil Cepu Limited (MCL) belum akan menggarap lapangan gas Giyanti, namun tidak membuat Pemkab Blora menyerah.
Bupati Djoko Nugroho akan terus mengupayakan agar lapangan gas yang masuk Blok Cepu tersebut segera di eksplorasi dan diproduksi. Caranya dengan mendesak pemerintah pusat agar memerintahkan operator migas Blok Cepu menggarap lapangan giyanti di Kecamatan Sambong tersebut.

''Kami akan terus berupaya. Bagaimanapun jika lapangan giyanti digarap dan gasnya berproduksi, itu akan membawa dampak yang baik bagi Blora,'' tandas Djoko Nugroho, Sabtu (4/8).
Pernyataan senada dikemukakan bupati di hadapan para anggota DPRD dalam rapat paripurna DPRD belum lama ini. Pernyataan bupati menjawab pemandangan umum fraksi peduli kesejahteraan masyarakat (FPKM) yang meminta Pemkab proaktif mendesak para pihak segera menggarap lapangan gas giyanti.
''Daripada dibiarkan tidak jelas kapan digarap oleh Mobil Cepu Limited (MCL), lebih baik Pertamina EP Cepu yang menggarap lapangan Giyanti. Kedua perusahaan itu sama-sama mempunyai hak mengeksplorasi dan memproduksi migas di Blok Cepu,'' tandas Seno Margo Utomo, salah seorang anggota DPRD Blora.
M Hamdun dari Lembaga Penelitian Aplikasi dan Wacana (LPAW) menyatakan jika dibiarkan dan tak jelas kapan lapangan giyanti akan digarap, hal itu tentu akan merugikan negara. Sebab produksi gas tidak segera dimulai.
Padahal negara sangat membutuhkan gas untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. ''Selain itu juga daerah dirugikan karena tidak mendapatkan dana bagi hasil migas,'' katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar