Jumat, 20 April 2012

PESONA SENDANG SUNGGUN


Sendang Sunggun
  

goasentono.blogspot.com.Sendang  Sunggun dinamai berdasarkan letaknya. Sendang berarti mata air, sementara Sunggun  berarti Dusun Sunggun, sehingga nama itu menunjukkan bahwa sendang ini terletak di dusun Sunggun, Desa Medalem Kec. Kradenan Blora.
Sendang Sunggun hanyalah sebuah mata air kecil biasa, yang berbentuk lingkaran layaknya sumur pada umumnya, namun sedikit lebih besar. Diameternya kurang lebih 3 meter. Dengan debit airnya tak begitu banyak. Air dalam sendang   sejuk dan jernih.  Sendang ini sudah berabad-abad menjadi mata kehidupan buat Masyarakat. Sendang ini sudah diperkokoh dengan mulut sumur dan juga dinding mandi tembok di sekelilingnya. Terdapat atap yang menaungi sendang dari guguran daun pohon. Di dekat sendang ini berdiri sebuah pohon besar, masyarakat di situ menamai dengan pohon “meh”.  Ada kalanya di bawah  pohon meh ini terdapat sesaji. Menurut warga sekitar, setiap warga Sunggun yang mempunyai hajat, entah itu khitanan, mantu atau pesta lainnya selalu menaruh sesajian di bawah pohon MEH tersebut. Di kandung maksud agar mata air dari sendang ini selalu memberikan air yang melimpah untuk mensuplay kebutuhan pesta sampai usai. Dari sini sudah menandakan kalau sendang ini termasuk lokasi yang di anggap wingit dan penting keberadaannya oleh masyarakat.
Danau pemancingan milik salah satu
warga Sunggun

Tapi sekarang keberadaannya sudah tidak lagi semistis dulu, sekarang oleh anak-anak muda  malah di buat “ngadem” di saat cuaca panas. Pohon yang rindang membuat sejuk di area sendang ini. Apalagi di samping sendang terdapat Danau besar milik penduduk setempat. Danau ini terbentuk karena adanya penambangan pasir yang terlalu berlebihan sehingga menjadi dalam, dan akhirnya di saat musim hujan terisi air dan menjadi Danau. Di tempat ini juga, pada tahun 2009  pernah di ketemukan Fosil Gajah Purba utuh (
Elephas hysudrindicus)  yang sempat menggemparkan.
Banyak muda-mudi dan anak-anak tanggung yang suka menghabiskan waktu luang mereka dengan memancing ikan di sini. Tapi ingat….kalau mau mincing harus ijin dulu ama yang punya kolam, kalau tidak bisa kena omel….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar