Kamis, 24 Februari 2011

PESTA SIAGA 2011 KAB.BLORA DI kEC. KRADENAN


Pasukan Topi Coklat Siaga KWARAN KRADENAN
(Foto : Harun S.P.d)

Pasukan Drum Band MI Muhammadiyah Sumber
(Foto: Harun.S.Pd)
Pesta Siaga adalah pertemuan besar bagi Gerakan Pramuka golongan Siaga yang berusia 7 sampai 10 tahun dengan melakukan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, dan edukatif. Masing masing kelompok yang disebut Barung beranggotakan 10 anak, pesta siaga berisikan lomba-lomba ketangkasan dan keterampilan


Berkaitan dengan hal tersebut, Kwarcab Blora  juga telah mengadakan Pesta Siaga pada Selasa 22  Februari 2011. Upacara pembukaan dilaksanakan di lapangan SMP 1 Menden Kec.Kradenan, yang diikuti oleh 16 Kwaran  se Kab Blora.

Tari Jaranan Oleh Gudep berpangkalan di
SDN 01 Mendenrejo Kwaran Kradenan (Foto : Harun, S.Pd)
Dalam Upacara Pembukaan dimeriahkan oleh Marching Band M I  Muhammadiyah-Sumber Kec. Kradenan, Seni Barongan Cilik dari Gudep SDN Mendenrejo05 Kec. Kradenan, Reog Ponorogo dari Kwaran Ngawen, dan Tari Massal JARANAN dari SDN  Mendenrejo 01 Kec. Kradenan.


Upacara Pembukaan di pimpin oleh Bunda Hj, Umi Djoko Nugroho yang tak lain adalah istri Bupati Blora , dalam sambutannya, beliau  mengemukakan bahwa adik-adik semua jangan bosan-bosan untuk dapat mengikuti berbagai kegiatan yang akan membawa adik adik dapat berkarya dan menyalurkan berbagai bakat sejak dini,” katanya.
Kemudian di susul dengan penekanan Tombol TUNAS KELAPA RAKSASA yang bersamaan dengan itu terbanglah puluhan burung Merpati dari Tunas Kelapa Raksasa yang terbuka dengan diikuti tepuk tangan yang meriah oleh peserta Pesta Siaga. Burung Merpati adalah lambang Perdamaian. Sehingga di harapkan Pramuka bisa  menjadi barisan terdepan untuk memelihara Perdamaian.
Cantiknya si adik kecil....(Foto : Harun S.Pd)
Kegiatan rutin tahunan ini diikuti  oleh beberapa perwakilan seluruh Kwaran se Kab Blora, dengan melombakan beberapa kegiatan seperti, mental spiritual, pengetahuan umum dan Seni Budaya.
Tujuan pelaksanaan Pesta Siaga ini adalah untuk menggali minat Kepramukaan bagi siswa Sekolah Dasar dan pada akhirnya akan mampu berprestasi baik di sekolah maupun bidang yang lainnya. Saat ini tantangan dan pengaruh di luar Sekolah semakin mengkhawatirkan, bahkan di daerah tertentu Narkotika telah memasuki Sekolah Dasar, demikian juga pornografi dan bentuk kekerasan yang lainnya. Di samping itu Kegiatan Siaga merupakan upaya untuk pengembangan bakat Pramuka Siaga dalam melatih motorik, sportivitas kreativitas, mental, kemandirian dan keahlian siswa SD dalam kepramukaan. “Di sini mereka diberikan pengetahuan mengenai latihan-latihan baik itu pengetahuan, ketangkasan, serta kerjasama di antara mereka. Dengan begitu para siswa makin percaya diri dan bisa mandiri,”
Pesta Siaga 2011 di Kradenan merupakan pertemuan untuk golongan Pramuka Siaga. Pesta Siaga diselenggarakan dalam dan/atau gabungan dari bentuk:
  1. Permainan Bersama, adalah kegiatan keterampilan kepramukaan untuk golongan Pramuka Siaga, seperti menyusun puzzle, permainan kim dan sejenisnya.
  2. Pentas Seni Budaya, adalah kegiatan yang menampilkan kreasi seni budaya para Pramuka Siaga.
  3. Karnaval, adalah kegiatan pawai yang menampilkan hasil kreatifitas Pramuka Siaga.
  4. Perkemahan Satu Hari (Persari), adalah perkemahan bagi Pramuka Siaga yang dilaksanakan pada siang hari.
Akhirnya kegiatan ini ditutup dengan upacara penutupan yang di pimpin oleh Bunda Eny Purwaningsih,  istri Ketua DPRD Kab.Blora. Dalam sambutan penutupan beliau mengajarkan yel-yel siaga dan Tepuk Siaga….

Tepuk siaga....(plok-plok-plok)

SIAGA................... (plok-plok-plok)
KOBARKAN........... (plok-plok-plok)
SEMANGATMU.....(plok-plok-plok)
TINGKATKAN.........(plok-plok-plok)
PRESTASIMU……....(plok-plok-plok)

SIAGA...SIAGA....SIAGA...TETEP JAYA YES......


                                  
 Tim Kreatif Pesta Siaga 2011 Kec. Kradenan (Foto : Harun.S.Pd)



5 komentar:

  1. mantab bos maju terus... siaga blora.. semoga menjadi anak-anak yg berguna bagi agama nusa dan bangsa..

    BalasHapus
  2. trims brow...Majulah Siaga...Majulah Pramuka...Majulah Blora....Majulah Nusa bangsa Indonesia....

    BalasHapus
  3. Tau tidak koordinat dari smp muhammadiyah1 kradenan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Latitude : 7°12'29.06"S
      Longitude : 111°27'30.89"E

      Hapus
  4. Jadi Kangen Pingin liburan ke Blora, Congratulation sukses pesta siaganya

    BalasHapus