Senin, 15 Oktober 2012

PESTA RAKYAT SIMPEDES DAN FESTIFAL BARONGAN BLORA


    Meriah, dan spektakuler. Begitulah susana Pesta Rakyat dan Parade Barongan Blora bersama SIMPEDES yang diadakan di alon-alon Blora. Minggu 14 Okt 2012. Sebuah perhelatan akbar ini di dukung sepenuhnya oleh SIMPEDES BRI yang memanjakan para nasabah BRI. Riuh dan gembira, Alunan suara musik dan aneka hiburan yang tersedia membuat acara ini semakin bergelora.  Masyarakat yang berkunjung juga dapat berbelanja aneka kebutuhan sehari-hari di stand-stand yang tersedia. Di tambah lagi dengan adanya Kesenian-kesenian asli asal Blora yaitu Barongan.


Kesenian barongan selama ini dikenal sebagai kesenian khas masyarakat Blora. Setiap desa bahkan dusun dan RT, rata-rata memiliki grup barongan. Salah satunya adalah Paguyuban Seni Barongan "SINGO MULANG JOYO" dari desa Ngampon, Beran Blora, Paguyuban seni Barong "SINGO MATARAM JOYO" dari kelurahan Bangkle, Seni Barong dan Jaranan Kreasi TEJO ARUM,  Kelompok Seni Barongsay dari Blora, dan masih banyak yang lainnya.
Seni Barong merupakan salah satu kesenian rakyat yang amat populer dikalangan masyarakat Blora, terutama masyarakat pedesaan. Didalam seni Barong tercermin sifat-sifat kerakyatan masyarakat Blora, seperti sifat : spontanitas, kekeluargaan, kesederhanaan, kasar, keras, kompak, dan keberanian yang dilandasi kebenaran. Barongan dalam kesenian barongan adalah suatu pelengkapan yang dibuat menyerupai Singo Barong atau Singa besar sebagai penguasa hutan angker dan sangat buas.
 Tujuan di adakannya acara ini adalah merupakan sarana komunikasi kami kepada masyarakat Indonesia khususnya para penabung Simpedes di Blora, dan disini kami menyediakan panggung hiburan rakyat dan beberapa stand-stand nasabah binaan kami. Ujar salah satu Humas BRI.
 
 BRI adalah salah satu bank yang paling banyak diminati masyarakat Blora tentu saja sebagai bank kemitraan masyarakat yang banyak memberikan banyak fasilitas dan keuntungan, tentu saja memiliki banyak unit dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik di Kota maupun di Desa.








Fotografer : Maryanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar