Kamis, 13 Desember 2012

KIRAB BUDAYA AGUNG HARI JADI KAB.BLORA KE 263

Peserta dari BKD
"Raja Blora" Djoko Nugroho
Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan
Peserta dari BUMD / PERUSDA
Peserta dari Kec. Japah
Manggala Praja
Peserta dari BPMPKB
Untuk memperingati hari jadinya ke 263, Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Kirab Budaya yang di ikuti oleh seluruh lapisan masyarakat di Kab Blora. Kirab dimulai pukul 09.00 dengan mengambil rute dari pendopo rumah dinas bupati Blora (alon-alon)  dan berakhir di depan gedung DPRD Jl A.Yani. Meskipun cuaca terbilang sangat panas, tapi antusias dari peserta kirab dan masyarakat yang menonton tak menyurutkan semangat mereka memeriahkan acara yang setahun sekali di adakan. Mereka datang dari berbagai pelosok desa terlihat memadati rute yang dilalui peserta kirab.

Peserta dari Kec.Kradenan
Peserta dari Kec. Jati
Dalam kirab kali ini Bupati Blora, Djoko Nugroho beserta istri, Hj Umi Kulsum  mengenakan busana layaknya raja-raja tempo dulu. Keduanya diiringi prajurit-prajurit kerajaan lengkap dengan senjata tombak dan keris. Kirab diikuti pula seluruh pejabat musyawarah pimpinan daerah (muspida) yang juga mengenakan pakaian adat Jawa.
Peserta dari Kec. Ngawen
Peserta dari Kunduran
Iring-iringan Kirab Budaya Agung ini di awali oleh   Sepasang Gunungan Lanang dan Gunungan Wadon yang berisi hasil bumi langsung menjadi rebutan masyarakat begitu sampai di depan Kantor DPRD Kab.
Peserta dari Kec. Randublatung
Peserta dari Kantor Pertahanan Pangan
Peserta dari Kec. Todanan
Blora.Rombongan Kirab di pimpin oleh  Lettu Inf. Herliyanto dari Batalyon Yonif 410 Alugoro yang memerankan tokoh Subo Manggolo dgn begitu gagahnya. Kemudian di susul oleh 2 (dua) orang Pembawa Bendera Merah Putih dan Bendera Lambang Daerah, dilanjut Pembawa Pusaka dari Paguyuban Pandemen Tosan Aji, kemudian  rombongan Bupati Blora Djoko Nugroho beserta istri dan Muspida beserta istri, Manggolo Retno, Manggolo Yudho, Prajurit Tetabuhan, Gunungan Lanang, Gunungan Wadon, Sedulur Sikep, Duta Wisata, DPRD dan Setwan, Kelompok Penengak Hukum dari Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Rutan, Kodim 0721 dan Pengadilan Agama. Kemudian menyususul di belakangnya, rombongan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Instansi Vertikal, Kelompok PT/Persero/BUMN/BUMD dan Perbankan yang ada di Blora.
Peserta dari KPU, BPS, BPN, KEMENAG, KPP PRATAMA
Peserta dari KPAD

Peserta dari RSU dr Soeprapto. CEPU
Meski tidak dilombakan namun tim peserta kirab berupaya tampil sebaik mungkin. Tak hanya dari dandanannya, peserta kirab berusaha menampilkan sesuatu yang beda dengan kelompok lainnya. Kirab lebih meriah dengan kehadiran tetabuhan yang mengiringi setiap tim peserta. Mulai dari musik modern seperti drumband hingga musik tradisional seperti angklung dan barongan. Karena begitu  banyaknya perserta, kirab pun berlangsung cukup lama. Sejak dimulai pukul 09.00, iring-iringan kirab belum berakhir hingga pukul 11.15. Padahal rute yang dilalui tidak terlampaui jauh, yakni hanya sekitar lima kilometer.


(Fotografer : Maryanto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar