Sabtu, 05 Maret 2011

MINYAK PERTAMINA TUMPAH DI CEPU - BLORA


BLORA - Akibat pipa dicuri, puluhan ribu liter minyak mentah bercampur gas milik Pertamina Cepu, tumpah ke sungai dan mencemari sawah-sawah warga.

Hingga Jumat (4/23/2011) pagi, petugas lapangan masih berusaha melokalisir tumpahan agar tidak menjalar ke permukiman warga. Area masih ditutup untuk umum sejak Kamis kemarin, mengingat sewaktu-waktu tumpahan minyak tersebut dapat terbakar.

Genangan minyak mentah bercampur gas mengalir ke semua titik aliran Sungai Sambong.

Tumpahan minyak mencemari sekira 20 hektare sawah produksi di Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora Jawa Tengah. Pipa tersebut dicuri dengan cara dipotong sepanjang 5 meter.

Kejadian ini baru diketahui kali pertama oleh petugas kontrol pada Kamis siang kemarin, saat hendak mengirim minyak dari Distrik Nglobo menuju Cepu. Setelah ditunggu 1 jam, ternyata petugas mendapati minyak menjalar ke area persawahan karena pipa telah menggantung.

Meski bisa terbakar, warga Sambong tetap nekat mengambil minyak mentah tersebut untuk memasak. Dalam setengah hari warga dapat mengambil sebanyak 6 jirigen besar yang tumpah di area persawahan.

Menyikapi hal ini, LSM pecinta lingkungan Blora mengecam Pertamina karena dinilai ceroboh dalam pengawasan. Ketut Prasetyo dari LSM Lingkungan Blora mengatakan, setiap tahun selalu ada kejadian menyangkut instalasi minyak dan warga sekitar menjadi korban dampak lingkungan.

 Berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan, kebocoran pipa itu disebabkan pencurian pipa minyak milik Pertamina," kata Manajer Humas PT Pertamina EP Agus Amperianto, dalam siaran pers, Jumat (4/3/2011) di Jakarta.
Akibat pencurian pipa itu, jumlah minyak mentah yang tumpah diperkirakan mencapai 30 barrel. Menyikapi peristiwa ini, Tim Penanggulangan Keadaan Darurat Pertamina EP Lapangan Cepu melokalisasi dan membersihkan tumpahan minyak. Hingga saat ini, tim Pertamina EP berhasil mengangkat sekitar 90 persen dari tumpahan minyak tersebut.
Untuk kegiatan itu, Pertamina EP Field Cepu menggunakan peralatan mekanis antara lain 1 unit skimmer, 2 unit vacuum truck, dan 6 set oil boom. Hingga informasi ini diturunkan, tim Pertamina EP masih terus melakukan upaya pengangkatan tumpahan minyak itu.
"Menyikapi kejadian ini, Pertamina EP sangat menyayangkan dan mengecam keras perbuatan tidak bertanggung jawab yang dilakukan oleh pihak yang melakukan pencurian pipa minyak Pertamina," kata Agus. Tumpahan minyak itu tidak hanya merugikan Pertamina, tetapi juga menimbulkan dampak negatif terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.
Pelaku pencurian melakukan pemotongan dan pencurian pipa minyak Pertamina EP sepanjang 4 meter. Pipa tersebut adalah trunk line 4 inci pada Kilometer 6 yang menghubungkan antara Nglobo dan Cepu.

Mereka mengaku sudah berkoordinasi dengan Kepolisian setempat untuk menangkap pelaku pencurian pipa.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

    BalasHapus